Minggu, 18 Februari 2018

Nefritis

Apa itu nefritis interstisial?

Nefritis interstisial adalah gangguan yang memengaruhi ruang di sekitar nefron. Nefritis adalah peradangan (pembengkakan) dari nefron. Penyakit ini dapat berupa akut atau kronis.
Ginjal membuang limbah dari tubuh kita, sekaligus menyeimbangkan cairan tubuh. Setiap ginjal memiliki 1 juta filter kecil yang disebut nefron. Nefron adalah tabung melingkar kecil dengan bola di salah satu ujungnya. Nefron mengalirkan urin ke tabung (ureter) yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih.

Seberapa umumkah nefritis interstisial?

Nefritis interstisial dapat mempengaruhi pasien pada semua usia, tetapi lebih sering ditemukan pada orang tua. Sebanyak 10-15 persen kasus gagal ginjal disebabkan oleh penyakit ini. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena kondisi ini apabila menghindari faktor berisiko. Mohon diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala nefritis interstisial?

Gejalanya meliputi demam dan ruam. Urin mungkin mengandung sel-sel abnormal. Sel-sel ini biasanya berupa eosinofil, sejenis sel darah putih.
Sering kali, penderita mungkin tidak merasakan gejala apapun sampai fungsi ginjal sudah sangat terganggu. Jika sudah mencapai tahap ini, gejala gagal ginjal (kelemahan, mual, gatal-gatal, muntah, pembengkakan kaki, dan rasa logam di mulut) sudah dapat terjadi.
Ketika infeksi sudah menyebabkan nefritis, penderita akan mengalami demam, menggigil, nyeri punggung, dan gangguan kencing (rasa terbakar, frekuensi terganggu, keraguan, dan kencing berdarah). Tekanan darah mungkin menjadi tinggi dan kadang-kadang sulit untuk dikendalikan. Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, tolong konsultasikan kepada dokter.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Anda harus menghubungi dokter jika Anda memiliki salah satu dari keluhan berikut:
  • Terdapat darah dalam urin Anda atau Anda mengalami menggigil, demam, dan nyeri pinggang
  • Mengalami ruam setelah memulai pengobatan baru, Anda alergi terhadap penisilin atau antibiotik lainnya, atau Anda memiliki efek samping obat
Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang tercantum di atas atau memiliki pertanyaan lain, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda. Status dan kondisi dapat berbeda pada setiap orang, maka selalu diskusikan dengan dokter tentang metode diagnosis, pengobatan, dan perawatan terbaik bagi Anda.

Penyebab

Apa penyebab nefritis interstisial?

Nefritis interstisial biasanya disebabkan oleh obat-obatan, termasuk antibiotik, obat anti-inflamasi, dan diuretik. Obat-obatan lain, dibarengi dengan infeksi bakteri dan virus, juga dapat menyebabkan penyakit ini menyerang. Pada kasus yang jarang terjadi, penyakit ini berhubungan dengan gangguan sistem kekebalan tubuh seperti lupus, sarkoidosis dan sindrom Sjogren. Kadang-kadang, penyebabnya tidak diketahui.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk nefritis interstisial?

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nefritis interstisial:
  • Pada orang dewasa: tidak mengikuti petunjuk dokter
  • Pada anak-anak: infeksi
Tidak adanya risiko tidak berarti Anda bebas dari kemungkinan terpapar gangguan. Ciri dan gejala yang dituliskan hanya untuk referensi. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk nefritis interstisial?

Pengobatan bertujuan untuk memperbaiki gagal ginjal dan mengatasi masalah metabolisme yang berhubungan dengan gagal ginjal (kalium yang tinggi, kalsium rendah, tingkat fosfor tinggi; jumlah darah rendah).Seorang nephrologist (spesialis penyakit ginjal) dapat membantu Anda. Pengobatan juga ditujukan untuk memperbaiki penyebab utama. Jika penyebabnya adalah obat-obatan, maka penggunaannya akan dihentikan. Infeksi bakteri diobati dengan antibiotik. Jika penderita tidak menanggapi pengobatan awal, kortikosteroid seperti prednison dapat diberikan. Jika kortikosteroid tidak bekerja, obat yang lebih kuat seperti siklofosfamid dapat dicoba.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk nefritis interstisial?

Dokter membuat diagnosis dari riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan tes darah serta urin. Dokter mungkin juga menggunakan tes ultrasonografi, yang menggunakan gelombang suara untuk mendapatkan penggambaran kondisi ginjal. Untuk diagnosis yang masih tidak jelas, dokter mungkin akan melakukan biopsi ginjal. Dalam biopsi, jarum khusus dimasukkan dalam ginjal dan sepotong kecil jaringan ginjal diambil untuk diperiksa dengan mikroskop.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi nefritis interstisial?

Berikut merupakan bentuk-bentuk dari gaya hidup sehat dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda menghadapi nefritis interstisial:
  • Ketahuilah bahwa gangguan akan segera berhenti jika Anda berhenti mengonsumsi obat-obatan bermasalah yang menjadi penyebabnya
  • Konsumsi obat yang diresepkan
  • Ketahui bahwa sekitar sepertiga dari penderita akut akan membutuhkan dialisis sementara
  • Sadarilah bahwa penderita kronis biasanya memiliki gagal ginjal dan mungkin perlu dialisis permanen
Hasil gambar untuk gambar nefritis

sumber : https://hellosehat.com/penyakit/nefritis-interstisial/


sumber : https://www.youtube.com/watch?v=WRdUs9U97-4

0 komentar:

Posting Komentar

 
sainsblog06 Blogger Template by Ipietoon Blogger Template