Senin, 09 Oktober 2017

JANTUNG KORONER PADA MANUSIA

Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner pada Manusia. Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan penyempitan arteri koroner, mulai dari terjadinya atersoklerosis maupun yang sudah terjadi penimbunan lemak atau plak pada dinding arteri koroner, baik disertai gejala klinis atau tanpa gejala sekalipun. Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian, oleh karena itu kita harus lebih dini mengetahui lebih baik dan lebih waspada.
Penyakit jantung lebih berisiko pada orang usia lanjut tapi tidak tertutup kemungkinan pada usia muda juga. penyakit jantung koroner pada awalnya disebabkan oleh menumpuk lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung atau pembuluh koroner. Penumpukan lemak berlangsung dalam waktu lama mengalami berbagai proses seperti penimbunan jaringan ikat, pengakapuran, pembekuan darah, dan lain lain.
Semua proses tersebut akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah. Sehingga berakibat otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah, seterusnya menimbulkan berbagai akibat penyakit serius, seperti timbul nyeri dada sampai ke Infark Jantung. Hal ini lazim di kenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

BERIKUT INI PENYEBAB UTAMA PENYAKIT JANTUNG KORONER:

  1. Diabetes
Diabetes salah satu Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner. Mengontrol kadar gula yang masuk kedalam tubuh adalah solusi utamanya. Menghindari makanan dan minuman yang sifatnya manis, apalagi yang berasal dari cepat saji yang mengandung gula sintesis.
  1. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner. Tekanan darah yang kuat  yang berpadu dengan banyaknya plak di dalam pembuluh darah, meningkatkan risiko serangan. Bila Anda memiliki hipertensi, sebaiknya kontrol jantung Anda setahun tiga kali.
  1. Merokok
Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner adalah merokok baik secara pasif maupun aktif, mempengaruhi pembuluh darah yang mengantarkan darah ke jantung dan organ tubuh yang lain. Merokok juga mengurangi jumlah oksigen dalam darah, merusak dinding pembuluh darah, serta membuat sel darah menjadi menempel satu sama lain. Akibatnya, darah mengalir lebih lambat sehingga penyumbatan menjadi lebih mudah terjadi. Itu sebabnya merokok meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
  1. Usia dan jenis kelamin
Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner lainnya adalah usia dna jenis kelamin. Usia yang sudah memasuki angka 50 tahun perlu diwaspadai dan perlu dikontrol pola makannya dan memang sudah mendapatkan pantangan makanan sana sini untuk menghindari resiko itu terjadi, apalagi pada diri wanita yang sudah memasuki masa menopause dikarenakan hormon estrogen bersifat melindungi yang menurun.
  1. Jarang berolahraga
gerak atau aktifitas fisik, termasuk olah raga merupakan salah satu usaha yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keseimbangan kadar kalori (gula dan kolesterol) dalam tubuh. Jika Jumlah gula dan kolesterol yang masuk dalam tubuh Anda terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan aktifitas fisik, maka bisa dipastikan terjadi penyumbatan pembuluh darah.
  1. Stres
Stres dan depresi sangat berpotensi menjadi Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner. Sedangkan orang yang mengalami depresi memiliki risiko 2-3 kali lebih besar untuk mengalami penyakit jantung koroner dibandingkan yang tidak mengalami depresi.

PENYEBAB UTAMA PENYAKIT JANTUNG KORONER

Nah, itulah beberapa Penyebab Utama Penyakit Jantung Koroner yang harus diketahui sejak dini. Bila ada salah satu atau beberapa faktor resiko tersebut diatas, dianjurkan secara berkala memeriksakan kesehatan jantung  kepada seorang ahli. Apalagi kalau ada dua atau lebih faktor resiko diatas ada pada diri Anda, akan melipat ganda kenaikkan resiko terhadap penyakit jantung koroner.

SUMBER : http://smartdetoxid.com/penyebab-utama-penyakit-jantung-koroner-pada-manusia/



Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner pada Manusia

Penyebab penyakit jantung koroner. Entah mengapa penyakit ini banyak orang yang menilai sebagai salah satu hal yang menakutkan, mungkin anda juga salah satu dari orang-orang tersebut. Mungkin alasanya menurut saya pribadi karena kemungkinan hidup seseorang yang terkena serangan jantung sangatlah kecil bahkan bila saat terjadi hal demikian menurut beberapa dokter ahli dalam beberapa menit jika tidak mendapatkan penanganan dengan benar akan meninggal dunia. Banyak orang mengira bahwa dirinya tidak mungkin terkena penyakit jantung koroner padahal cara hidup kita yang menentukan jika anda terbiasa melakukan kebiasaan gaya hidup yang buruk bisa dipastikan anda juga memiliki kemungkinan tersebut.

faktor penyebab penyakit jantung koroner

Penyebab penyakit jantung koroner pada manusia sangat banyak dan ada beberapa justru dari gaya hidup kita sendiri yang mengakibatkan hal tersebut seperti
• merokok
• makan makanan kolesterol tinggi
• keturunan atau genetik
• LDL (low density lipoprotein)
• darah tinggi atau hipertensi
• sering stress
• susah tidur atau insomnia
• kegemukan
• kurang olahraga
• jenis kelamin (pria lebih beresiko)
• ras
Dari sekian banyak contoh diatas apakah salah satunya pernah atau sedang anda alami? Jika benar saran terbaik dari saya adalah sering cek medical ke dokter agar bisa mencegah penyakit jantung sedini mungkin. Jantung koroner secara umum diakibatkan oleh dinding pembuluh koroner yang tersumbat oleh tumpukan-tumpukan kolesterol sehingga mengganggu aliran darah ke jantung dampaknya pasti anda sudah bisa memperkirakan. Yup benar, aliran darah menjadi terganggu dan akan mengakibatkan serangan jantung.

Saya yakin semua orang didunia tidak menginkan hal ini terjadi kepada dirinya termasuk juga saya. Dan hal terbaik bagi kita yang tidak mengidap penyakit ini adalah dengan membiasakan diri hidup sehat. Saya jadi teringat akan sebuah joke "dengan uang anda bisa membeli obat tetapi tidak dengan sehat", kalau kita renungi baik-baik ada benarnya juga dan sangat benar malah karena kesehatan adalah harta paling berharga untuk kita dan sebanyak apapun uang kita tetap tidak akan mampu membeli yang namanya kesehatan.

Saya pernah membaca pada sebuah journal kesehatan bahwa negara kita tercinta ini indonesia menduduki peringkat ke-10 penderita jantung terbanyak sedunia pada tahun 1980 dan naik menjadi peringkat ke-6 pada tahun 1986 mungkin anda punya pemikiran yang sama dengan saya yakni indonesia menduduki peringkat keberapa di tahun 2015 sekarang ini? Sayangnya saya sudah mencoba mencari tahu informasi tersebut dan belum menemukanya jika anda tahu silahkan tuliskan dikolom komentar dan saya dengan senang hati akan mengedit artikel ini dan menyertakan nama anda sebagai wujud apresiasi saya.

Jadi kesimpulan apa yang dapat kita peroleh dari informasi ini berikut saya rangkum kesimpulanya mungkin anda juga berniat menambahkan
• kesehatan itu mahal dan tidak semua orang bisa mendapatkanya
• selalu bersyukur kepada tuhan bahwa kita masih diberi kesehatan
• selalu menjaga kesehatan dan kebersihan dimulai dari hal paling kecil yakni diri kita sendiri.
Sekian artikel tentang faktor penyebab penyakit jantung koroner semoga artikel ini bermanfaat bagi diri saya sendiri dan kita semua, terima kasih dan jangan lupa baca artikel menarik lainya ya.

SUMBER : http://www.insomniaku.co/2015/03/faktor-penyebab-penyakit-jantung.html


SUMBER : https://www.youtube.com/watch?v=hw9NbC6rih8



0 komentar:

Posting Komentar

 
sainsblog06 Blogger Template by Ipietoon Blogger Template